Pembelajaran Matematika Menyenangkan di SD Melalui Permainan
DOI:
https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.316Keywords:
Pembelajaran Matematika, menyenangkan, PermainanAbstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit oleh anak sekolah. Banyak siswa yang masih menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang susah, membosankan, banyak rumus dan kurang penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting yang terus berkembang di era 4.0 seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode permainan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Reveiew (SLR) dengan mencari dan mengkaji beberapa artikel kemudian menarik kesimpulan. Pencarian literatur dari 10 artikel yang di ikutsertakan tahap analisis pada terbitan 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang menyenangkan dengan pendekatan permainan memberikan kontribusi positif terhadap prestasi matematika siswa di SD. Permainan tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran ini. Selain itu, pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan meningkatkan interaksi sosial antara siswa.
References
Ambarsari, I. F., Hasanah, N., Azizah, N., Agusti, A., & Yana, I. (2022). Implementasi Belajar Matematika Menyenangkan Berbasis Pembelajaran Game Inovatif di MTS Sarji Ar Rasyid. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1493-1500.
Evayenny, E., Putra, N. L. J., & Ayuningrum, S. (2021). Penyuluhan Metode Pembelajaran Matematika Menyenangkan di SD Negeri 01 Karet Kuningan. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-19.Maswar, M. (2019). Strategi pembelajaran matematika menyenangkan siswa (MMS) berbasis metode permainan mathemagic, teka-teki dan cerita matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28-43.
Dewi, L., Sutama, M. P., & Hidayati, Y. M. (2022). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Era Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Ningrum, F. R., Al Amir, F. F., Kesuma, F. P., Hamzah, H. H., Afifah, H. A., Pebriyadi, M. A., ... & Pelita, B. N. (2022). Kegiatan Memperkenalkan Proses Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan Bagi Anak Sekolah Dasar. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(06), 694-698.
Maslahah, N. (2022). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dengan Media Interaktif: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 7(1), 29-37.
Maswar, M. (2019). Strategi pembelajaran matematika menyenangkan siswa (MMS) berbasis metode permainan mathemagic, teka-teki dan cerita matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28-43.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.
Ramdania, V. N., Wulan, S., & Dwiprabowo, R. (2020, December). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 78-85).
Rusmana, I. M. (2020). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.